Perusahaan agro UEA akan tanam modal di Subang

TWITTER
FACEBOOK
CNBC Indonesia| 23 Agustus 2020

Perusahaan agro UEA akan tanam modal di Subang

 
Perusahaan produsen dan distributor buah dan sayur segar asal Abu Dhabi  Uni Emirat Arab Elite Agro akan berinvestasi di Indonesia, tepatnya di Subang, Jawa Barat. Rencana kerja sama ini disampaikan dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat melakukan kunjungan ke negara tersebut.

Retno mengatakan ini merupakan lanjutan kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Uni Emirat Arab yang terus berkembang. Saat ini kerja sama yang tengah berlangsung adalah di bidang energi dan akan dilanjutkan dengan kerja sama di bidang kesehatan dan pertanian.

"Di bidang pertanian, Elite Agro memiliki rencana investasi agrobisnis di Subang, Jawa Barat dan diharapkan dapat diwujudkan sesegera mungkin," kata Retno dalam konferensi pers virtual, Sabtu (22/8/2020).

Erick Thohir mengatakan ini merupakan bagian dari peningkatan ketahanan pangan di dalam negeri hingga bisa melakukan peningkatan kualitas produk pangan dalam negeri hingga memiliki nilai jual di luar negeri.

Menurut dia, dengan kerja sama ini diharapkan hasil pangan dalam negeri selanjutnya akan bisa masuk ke pasar Afrika dan Timur Tengah.

"Kita melihat ada potensi pasar yang besar, tidak hanya di Indonesia dan UEA, tapi UEA merupakan pusat distribusi untuk Afrika dan Timur Tengah. Kita ingin pastikan standardisasinya baik. Ini yang menjadi kekurangan kita dalam memproduksi hasil pangan, kita masih kalah dengan negara tetangga. Nah, melalui kerja sama dengan UEA, kita ingin menaikkan kualitas produksi pangan sekaligus mengamankan kebutuhan pangan di Indonesia," jelas Erick di kesempatan yang sama.

Sebelumnya, Erick juga menjelaskan pemerintah juga akan menarik investasi di bidang energi, khususnya energi baru terbarukan.

"Kita tahu impor minyak masih tinggi. Kita tidak mau hanya jadi pasar, tapi kita juga ingin mendapat tambahan teknologi dari negara besar seperti UEA khususnya di bidang energi. Kita tidak hanya kerja sama di minyak, tetapi kita juga kerja sama untuk mengeksplor sumber energi terbarukan. Oleh karena itu salah satu point meeting yang akan kita lakukan bagaimana PLN bisa mentransformasi dengan partner Masdar membangun energi tenaga surya yang awalnya sekarang di Cirata dan akan kita eksplor lagi di beberapa daerah lain," jelas Erick.

 

 


Original source: CNBC Indonesia
TWITTER
FACEBOOK
TWITTER
FACEBOOK

Post a comment

Name

Email address (optional - if you want a reply)

Comment